WISATA DI JAWA TENGAH

Inilah 14 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Terkenal

tempat wisata di Jawa Tengah

Tahukah Anda, ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah tempat-tempat wisata yang populer, seperti yang dapat Anda temukan di kota Semarang dengan Lawang Sewu dan Kota Lama, atau di Solo dengan keraton dan sentra batiknya, hingga Ambarawa dengan museum kereta api.

 

Sebagai sebuah provinsi yang diapit oleh Jawa Barat dan Jawa Timur, kondisi infrastruktur di Jawa Tengah tergolong baik dengan kondisi jalan yang mampu menghubungkan antar kota dan antar desa secara lancar.

Sebagai sebuah pusat kebudayaan Jawa, daerah ini memang terkenal dengan tradisi masyarakatnya yang masih bertahan hingga kini. Keberadaan dua keraton di belahan tengah pulau Jawa yang masih eksis mengkonfirmasi akan hal ini, yakni keraton Jogja dan keraton Solo.

Oleh sebab itu, budaya masyarakat lokal adalah salah satu karakter unik dari sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah yang dapat Anda temukan. Kerajinan batik di Solo telah terkenal hingga ke mancanegara, selain pula keberadaan dua World Heritage oleh UNESCO, yaitu Candi Borobudur di Magelang dan situs Sangiran di Sragen.

Belum lagi pada wisata kulinernya yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan, Jawa Tengah menawarkan Anda pada sejumlah olahan makanan khas yang dapat Anda temukan di kota Semarang dan Solo.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah yang paling populer di kalangan penikmat perjalanan.

1. Lawang Sewu di Semarang

Bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada 1904 ini adalah sebuah tempat wisata di Jawa Tengah yang populer. Pada awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.

Baca juga: Lawang Sewu Semarang, Keindahan Arsitektural Bangunan yang Unik

Lawang Sewu di Semarang

Lawang Sewu di Semarang

Karena memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) dan Sewu (seribu), artinya seribu pintu. Salah satu tempat wisata Semarang yang unik ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin memasuki ruangan bawah tananhya, maka Anda harus membayar Rp 30 ribu per orang.

Alamat: Jl. Pemuda (Komplek Tugu Muda), Semarang, Jawa Tengah | Telp. (024) 3542015
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.984056,110.410793

 

2. Kota Lama Semarang (Little Netherland)

Jika sudah Anda mengenal Kota Tua di Jakarta, maka Kota Lama Semarang adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang dikenal banyak kalangan penikmat perjalanan. Anda dapat menemukan rekaman tata bangun wilayah berarsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Objek wisata di Semarang yang satu ini dijuluki pula sebagai “Little Netherland”.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Landmark paling menarik di kawasan Kota Lama adalah Gereja Blenduk, sebuah bangunan berusia lebih dari 2.5 abad. Kata blenduq berasal dari bahasa Jawa, yang berarti kubah, merujuk pada kubah gereja ini. Atapnya yang melengkung dan berwarna merah terasa kontras dengan dindingnya yang bercat putih. Empat pilar kokoh dan menara kembarnya yang khas di bagian depan membentuk ciri khas gereja yang satu ini.

Kota Lama Semarang merupakan destinasi favorit bagi para penikmat sejarah dan pecinta fotografi yang ada di Indonesia. Selain Gereja Blenduk, Kawasan Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang adalah landmark lain yang patut Anda kunjungi saat berada di Kota Lama Semarang. Di area Polder, terdapat pabrik rokok Praoe Lajar (Prau Layar) yang masih beroperasi sejak dulu sampai sekarang. Menikmati suasana di Kota Lama Semarang pada malam hari adalah salah satu cara terbaik di tempat ini.

Alamat: Jl. Kartini, Semarang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.128865,110.403364

3. Jalan Pahlawan Semarang

Inilah jalan terbesar di Semarang, yang adalah juga tempat di mana Kantor Gubernur Jawa Tengah berada selain Polda Jateng dan Taman Makam Pahlawan. Jalan Pahlawan merupakan pula salah satu penghubung menuju Simpang Lima. Di malam hari, Jalan Pahlawan menjadi kawasan wisata baru yang ramai dengan pengunjung, terlebih di akhir pekan. Anda dapat menemukan banyak jajanan di sepanjang jalan ini.

Jalan Pahlawan Semarang

Jalan Pahlawan Semarang

Trotoar jalan yang luas dan tertata rapi adalah keistimewaan jalan ini. Tatkala sore, banyak warga Semarang menghabiskan waktunya dengan bermain-main dan bersantai di sepanjang Jalan Pahlawan ini. Terlebih di saat akhir pekan, kemeriahan dan lalu lalang orang terlihat begitu ramai hingga malam hari.

Alamat: Semarang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.9945529,110.4207969

Baca juga: Pesona 10 Tempat Wisata di Semarang Paling Menarik

4. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Keraton ini didirikan pertama kalinya pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, dan kini menjadi sebuah tempat yang menyimpan banyak nilai sejarah. Dalam bagian keraton yang disebut Panggung Sanggabuwana, konon di situlah Susuhunan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Selain itu, terdapat pula museum yang menyimpan barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah.

Keraton Kasunanan di Solo

Keraton Kasunanan di Solo

Jika Anda datang ke tempat wisata Jateng yang satu ini, wajib untuk mematuhi berbagai peraturan, seperti tidak memakai topi dan  kacamata hitam, tidak bercelana pendek, tidak menggunakan sandal dan jaket. Harga tiket masuk keraton Surakarta adalah sebesar Rp 4 ribu per orang. Jika Anda membawa kamera, akan dikenakan tiket tambahan Rp 2 ribu. Setelah puas berkeliling keraton, jangan lupa untuk singgah ke Pasar Klewer yang berjarak tidak jauh. Pasar ini adalah salah satu pusat perdagangan batik di Solo yang terkenal selain juga Kampung Batik Laweyan.

Alamat: Kelurahan Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon , Solo, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.566667,110.816667

5. Ngarsopura Night Market Solo

Inilah pasar malam di Solo yang secara rutin dibuka pada hari Sabtu – Minggu mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Ngarsopura ini adalah tempat berdagang yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki KTP Solo. Produk yang dijual di pasar malam ini di antaranya kerajinan, batik, souvenir, hingga makanan kuliner khas Solo.

Ngarsopura Night Market Solo

Ngarsopura Night Market Solo

Di tempat ini juga Anda akan menjumpai live performance, seperti jazz, tarian, atau musik etnik dari para penggiat seni di Solo. Hal ini ditujukan untuk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night market.

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang populer, Solo memang ramai akan kunjungan wisatawan. Jika Anda tiba di Solo pada hari Sabtu, luangkanlah waktu untuk bermalam minggu di Ngarsopura.

Alamat: Jl. Diponegoro, Solo, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.568895,110.82232

6. Kampung Batik Laweyan di Solo

Inilah salah satu sentra batik di kota Solo. Dahulu kala, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajari penduduk setempat bagaimana cara membatik. Konon menurut kisah, usia Kampung Laweyan jauh lebih tua daripada Keraton Kasunanan di mana daerah Laweyan di Solo ini sudah eksis dengan batiknya sejak Kerajaan Pajang berkuasa di Jawa Tengah pada pertengahan abad ke-16.

Kampung Batik Laweyan di Solo

Kampung Batik Laweyan di Solo

Di Kampung Batik Laweyan, Anda akan mendapati kesan arsitektural Eropa di kampung Laweyan ini. Banyak rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Dulu, rumah-rumah itu adalah kediaman para saudagar batik. Tetapi kini, kampung yang berdiri di atas lahan seluas 24 hektar tersebut terbagi ke dalam tiga blok besar.

Anda dapat puas berkeliling dari satu toko ke toko lainnya untuk mencari batik yang paling Anda sukai di tempat ini. Sungguh, Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, seperti yang dapat ditemukan di Jogja, Solo, Cirebon, Papua, dan masih banyak lagi dari berbagai daerah di Nusantara.

Alamat: Jl. Doktor Radjiman No. 521, Solo, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.570956,110.80346

Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata Solo Paling Impresif

7. Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Berjarak sekitar 83 km di arah barat laut Jepara, Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa adalah sebuah destinasi wisata yang populer di Indonesia, adalah pula salah satu tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal. Pengalaman wisata laut di Jawa Tengah paling menakjubkan dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa

Sebagai salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang terkenal, Karimunjawa selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Karakteristik seluruh pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Oleh karenanya, berjemur di tepian pantai adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan di tempat ini.

Selain itu, olahraga air  seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah pilihan menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal di sana adalah objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

Alamat: Jepara, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -5.848912,110.439621

Baca juga: Inilah Pesona 8 Tempat Wisata di Jepara Paling Menarik

8. Candi Borobudur di Magelang

Inilah situs yang sangat unik dengan keindahan panorama yang menawan, struktur bangunan yang mengagumkan, serta nilai seni yang tinggi. Tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah salah satu landmark Magelang paling populer di dunia, telah dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO, dan menjadi destinasi wisata di Indonesia yang terkenal. Destinasi wisata ini begitu mudah dijangkau, baik dengan kendaraan kecil maupun besar.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Terdapat 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleks Candi Borobudur ini. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 30 ribu per orang (dewasa), anak-anak sebesar Rp 12.500 per orang. Untuk tiket masuk turis mancanegara adalah sebesar USD 20 (dewasa) dan USD 10 (anak-anak).

Alamat: Magelang, Jawa Tengah | Telp. (0274) 496402
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.607874,110.203751

9. Ketep Pass di Magelang

Di tempat inilah Anda dapat menikmati pemandangan gunung dan bukit yang begitu indahnya dan tak kalah pula hamparan pertaniannya yang menarik. Dari Ketep Pass, Anda dapat secara langsung menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.

Ketep Pass di Magelang

Ketep Pass di Magelang

Spot paling populer di tempat wisata Jawa Tengah yang satu ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di Ketep Pass, yakni di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Tahukah Anda, dari Pelataran Panca Arga Anda bahkan dapat menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing.

Di Magelang, Ketep Pass dikenal banyak wisatawan sebagai salah satu destinasi yang favorit untuk dikunjungi. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Ketep Pass di Magelang ini sebesar Rp 7.500 per orang.

Alamat: Jl. Blabak Boyolali Km. 16, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.494507,110.381716

10. Rafting di Sungai Progo Atas Magelang

Inilah tempat berarung jeram yang populer di Jawa Tengah. Dengan aliran sungai sepanjang 12 kilometer, kegiatan rafting di Sungai Progo Atas akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam.

Rafting di Sungai Progo Atas

Rafting di Sungai Progo Atas

Tahukah Anda, Arung jeram sungai Progo terdiri dari sejumlah rute, yakni arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.

Alamat: Perumahan Griya Tok Songo , Magelang, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.4596362,110.2083965

Baca juga: Ini 6 Tempat Wisata di Magelang Paling Favorit

11. Baturaden di Banyumas

Terletak di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Di kawasan wisata ini pula, Anda dapat menyaksikan kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.

Baturaden di Banyumas

Baturaden di Banyumas

Tempat wisata di Banyumas ini adalah pula destinasi wisata keluarga yang patut Anda kunjungi. Di sana Anda dapat berekreasi di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan alam hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda. Lokasi Wana Wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Baturaden. Masih ada juga Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang di Baturaden serta memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

Baca juga: Inilah 6 Spot Wisata Baturaden di Banyumas Terpopuler

Alamat: Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.304127,109.227356

12. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

Wisata Dieng adalah salah satu pesona alam paling memikat yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Terletak 30 km dari pusat Wonosobo, berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, objek wisata di Jawa Tengah ini terkenal pula dengan julukan “tempat persemayaman para dewa dewi”.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Di kawasan wisata Dieng ini, Anda dapat menemukan sejumlah landmark paling memikat. Mulai dari candi-candi Hindu, Bukit Sikunir Dieng, Telaga Warna Dieng, hingga Sumur Jalatunda.

Alamat: Kawasan Wisata Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.204269,109.908857

Baca juga: 5 Landmark Paling Menawan Wisata Dieng di Wonosobo

13. Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Sangiran adalah situs arkeologi manusia purba paling lengkap di Asia dengan fasilitasnya yang mampu memberi informasi sejarah kehidupan manusia purba. Terdapat sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba yang dapat Anda saksikan di Sangiran ini.

Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran

Oleh karenanya, Sangiran dinyatakan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage). Museum Purbakala Sangiran di Sragen ini memberi sumbangsih besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, khususnya ilmu arkeologi, geologi, paleoanthropologi, dan biologi. Ada banyak pengetahuan yang dapat diperoleh dari tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini.

Alamat: Desa Krikilan, Kec. Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.454629,110.8353535

14.  Museum Kereta Api Ambarawa

Masih ada lagi salah satu tempat menarik di Jawa Tengah, yakni Ambarawa. Hanya dengan berkendara selama 30 menit dari Semarang, Anda akan tiba di Ambarawa. Di sinilah tempat yang paling tepat untuk merasakan kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Dan, Anda akan menemukan pula Museum Kereta Api Indonesia di Ambarawa ini. Kereta api yang ada ditempat ini adalah peninggalan Belanda, dan secara keseluruhan museum ini memiliki koleksi 21 lokomotif tua.

Untuk dapat masuk ke museum, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa sebesar Rp 5 ribu per orang. Di area museum ini, cara paling favorit yang dilakukan wisatawan selain melihat-lihat lokomotif tua adalah berkeliling menggunakan kereta wisata yang tersedia, cukup dengan biaya Rp 10 ribu per orang.

Alamat: Jl. Stasiun, No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.264873,110.404605

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s